Home » INFO KAMPUS » Institut Kesenian Jakarta (IKJ)

Institut Kesenian Jakarta (IKJ)

IKJ awalnya bernama LPKJ atau Lembaga Pendidikan Kesenian Jakarta yang didirikan oleh Gubernur DKI Jakarta, Ali Sadikin dan diresmikan pada 25 Juni 1976.

LPKJ ini didirikan di dalam lingkungan Taman Ismail Marzuki TIM), berdamping-dampingan dengan bangunan pertunjukan dan pameran yang ada di TIM.

LPKJ kemudian berubah status menjadi Institut Kesenian Jakarta (IKJ) pada tahun 1981, dikarenakan Departemen Pendidikan dan Kebudayaan menginginkan agar lembaga kesenian seperti LPKJ yang dikelola dengan model sanggar dan padepokan, menjadi lembaga pendidikan formal.

Maka LPKJ pun diubah menjadi IKJ yang dikelola seperti sebuah sekolah, dengan fasilitas masih menjadi tanggung jawab pemerintah daerah.

Pada awal tahun 1990-an FFTV-IKJ masuk menjadi anggota asosiasi sekolah film dan televisi Internasional.

IKJ memiliki tiga fakultas, yaitu Fakultas Seni Rupa, Fakultas Seni Pertunjukan, dan Fakultas Film dan Televisi.

Saat ini IKJ telah menyumbang banyak seniman, pemusik, penari dan sineas muda yang berkiprah di dunia seni dan budaya Indonesia.

One Response to Institut Kesenian Jakarta (IKJ)

  1. diablo 3 beta Reply

    29/04/2012 at 10:13 am

    Hey there just wanted to give you a brief heads up and let you know a few of the pictures aren’t loading correctly. I’m not sure why but I think its a linking issue. I’ve tried it in two different browsers and both show the same outcome.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Spam Protection by WP-SpamFree