Home » BERITA TERKINI » Beasiswa di UIN Malang bagi Penghafal Al Quran

Beasiswa di UIN Malang bagi Penghafal Al Quran

Berbagai macam pola program saat ini untuk berkesempatan mendapatkan beasiswa pendidikan tinggi seperti yang dilakukan oleh Universitas Isalm Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) Malang, Jawa Timur.

Dalam penerimaan mahasiswa barunya tahun 2012 ini UIN Maliki membukan beasiswa untuk semua jurusan bagi para penghafal Al Quran. Dengan fasih menghafal 10 juz Al Quran, calon mahasiswa sudah bisa meraih beasiswa yang diperuntukan untuk 100 orang tersebut.

Beasiswa tersebut adalah program Haiat Tahfidz Quran (HTQ) UIN Maliki Malang, yang khusus menjaring calon mahasiswa yang memiliki keahlian menghafal Al Quran. Seperti yang diungkapkan oleh Helmi Syaifuddin, Ketua SAR UIN Maliki Malang, beasiswa ini adalah bantuan dari kampus melalui tes mandiri prestasi.

Tes mandiri yang dimaksud adalah, setiap calon mahasiswa di tes membaca dan menulis ayat Al Quran. Jika lolos tes hafal 10 juz Al Quran, maka otomatis akan mendapatkan beasiswa dan terus akan mendapat binaan di asrama UIN Malang sampai hafal 30 juz.

UIN Malang juga telah bekerja sama dengan 9 pondok pesantren yang ada di Jawa Timur yang meluluskan santrinya tanpa ada ijazah formal.

Helmi Syaifuddin mengungkapkan bagi santri lulusan pondok pesantren yang tidak memiliki ijazah pendidikan formal bisa diterima di UIN Malang, asalkan ada ijazah sekolah non formal yang dikeluarkan oleh pesantren tersebut.

Beberapa pesantren yang sudah menjalin kerjasama dengan UIN Malang itu, adalah, Pondok Pesantren Sidogiri Pasuruan, Nurul Jadid, Paiton Probolinggo, Al Amien Madura, Gontor Ponorogo.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Spam Protection by WP-SpamFree